Cara Menyimpan, Melihat, dan Menghapus Password di Firefox, Chrome, dan Internet Explorer

Cara Menyimpan, Melihat, dan Menghapus Password di Firefox, Chrome, dan Internet Explorer

Seringkali kita lupa pada password kita apabila menggunakan password pada internet, aplikasi desktop, game, dan aplikasi lainnya. Hal tersebut mungkin terjadi karena kita menggunakan password yang berbeda-beda pada banyak media internet atau aplikasi lain yang membutuhkan password. Pada aplikasi web browser firefox dan chrome, terdapat password manager untuk mengatasi masalah ini. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan, melihat, dan menghapus password pada Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer.

Mozilla Firefox
Cara menyimpan password pada Mozilla Firefox
Untuk menyimpan password pada Mozilla Firefox, cukup mudah caranya. Pertama-tama, Anda perlu login ke website yang memerlukan password untuk masuk ke website tersebut. Setelah itu, akan mucul di kiri "Would you like to remember the password for "email@penyedia-email.com" on blablabla.com. Klik lah "Remember Password" di bawah tulisan tersebut. Dan password Anda akan tersimpan secara otomatis.
Cara menyimpan password pada Mozilla Firefox

Cara melihat password pada Mozilla Firefox
Untuk melihat password yang tersimpan pada Mozilla Firefox, pertama-tama kliklah ikon simbol dunia atau simbol gembok di alamat web di sebelah kiri atas, lalu klik "More Information ...".  Lalu klik lah "View Saved Password" di Privacy and History. Setelah itu klik "Show Password" lalu klik "Yes", maka Anda akan dapat melihat password tersebut.
Cara melihat password pada Mozilla Firefox

Cara menghapus password pada Mozilla Firefox
Untuk menghapus password yang tersimpan pada Mozilla Firefox, langkahnya sama dengan cara untuk melihat password pada Mozilla Firefox. Setelah Anda dapat melihat password tersebut, Anda dapat menghapus password tersebut untuk menghilangkan jejak atau Anda tidak membutuhkannya. Caranya adalah klik passwordnya lalu kliklah "Remove" atau "Remove All" untuk menghapus semua password.
Cara menghapus password pada Mozilla Firefox

Google Chrome
Cara menyimpan password pada Google Chrome
Untuk menyimpan password di Google Chrome, caranya sama dengan yang di Mozilla Firefox. Pertama-tama, Anda perlu login ke dalam sebuah website yang membutuhkan password untuk masuk ke dalamnya. Setelah Anda berhasil masuk, di bawah alamat website tersebut akan muncul pertanyaan seperti gambar di bawah. Klik lah "Save Password", maka password akan tersimpan.
Cara menyimpan password pada Google Chrome

Cara melihat password pada Google Chrome
Untuk melihat password yang tersimpan pada Google Chrome, pertama-tama kliklah "Customize and control Google Chrome" di kanan atas yang bergambar tiga garis. Setelah itu pilih dan klik "Settings". Setelah muncul halaman setting, kliklah "Show advanced settings...". Pada bagian "Passwords and forms", kliklah "Manage saved passwords". Lalu kliklah "Show" maka password akan muncul.

Cara melihat password pada Google Chrome

Cara menghapus password pada Google Chrome
Untuk menghapus password yang tersimpan dalam Google Chrome, langkah-langkahnya sama dengan cara unutk melihat password tersebut. Anda hanya perlu meng-klik tanda x pada sebelah kanan "Show" dan password Anda akan terhapus.
Cara menghapus password pada Google Chrome

Internet Explorer
Cara menyimpan password pada Internet Explorer
Untuk menyimpan password pada Internet Explorer, maka pertama-tama Anda perlu login pada sebuah website. Setelah Anda berhasil login, akan mucul pertanyaan di bawah untuk menyimpan password. Kliklah "Yes" untuk menyimpan password.

Cara melihat password pada Internet Explorer
Unutk melihat password pada Internet Explorer, Anda memerlukan software lain, karena Internet Explorer tidak menyediakan penampil password. Software yang dapat Anda gunakan untuk melihat password pada Internet Explorer adalah IE PassView. Software ini dapat menampilkan password yang disimpan pada Internet Explorer 4.0 - 9.0.

Cara menghapus password pada Internet Explorer
Unutk menghapus password pada Internet Explorer, Anda Anda juga dapat menggunakan software IE PassView. Pertama-tama, buka software IE PassView, pilih password yang akan Anda hapus. Setelah itu,tekan tombol "DEL" pada keyboard Anda.

Catatan: Sebaiknya Anda tidak menyimpan password Anda pada komputer umum, misalnya warnet, komputer sekolah, dll. Karena password Anda akan dapat dilihat oleh pengguna umum dan mungkin akun Anda akan disalahgunakan.

Comments

  1. thanks, bro... jadi bisa menghapus password yang selalu terlihat di Fb

    http://qyystyle.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. GAK USAH DI CENTANG BBRRROOO......

      Delete
    2. infonya sangat bermanfaat sob, salam kenal http://giribig.com/2016/

      Delete
  2. berkat ini saya ga khawatir lg pass tertinggal di warnet, thanks!

    ReplyDelete
  3. di google ama mozila
    kalo tulisan ingin save pasword nya udah ilang..gmana cara save nya lagi gan?

    ReplyDelete
  4. Makasih gan, karena terlanjur save password jd tiap buka akun kesitu terus padahal tidak minat..hehe

    ReplyDelete
  5. kalo di baidu spark browser gimana caranya tuh??,,,

    mohon pencerahan nya :))

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. trim bro aratikelnya sangat membantu...

    ReplyDelete
  8. di ie saya kok ngga muncul "remember password", ada yang bisa bantu gan ?

    ReplyDelete

Post a Comment