Formoid 1.6

Formoid, HTML Editor

Formoid adalah aplikasi desktop gratis untuk OS Windows dan Mac yang dapat membantu Anda dengan mudah membuat kode HTML. Anda hanya perlu memilih beberapa pilihan dari pengaturan untuk membuat kode HTML tanpa perlu mengetahui banyak pengkodean HTML. Software ini cocok untuk pemula yang baru mempelajai pengkodean HTML.

Dengan Formoid, Anda dapat dengan mudah membuat formulir pendaftaran, survei, formulir pesanan, formulir acara, hanya dalam beberapa detik tanpa menulis kode HTML. Anda dapat membuat formulir online yang bagus hanya dalam beberapa detik dan klik.

Bagian-bagian web yang dapat dibuat oleh Formoid:
  • Header statis - Header merupakan bagian kepala dari suatu website. Header dapat berisi judul website. Anda dapat membuat header web dengan mudah dengan munggunakan Formoid.
  • Input - Dengan Formoid, Anda dapat membuat form input data dengan mudah. Input data berguna jika Anda ingin memasukkan data post, komentar, atau lainnya ke dalam database dan akan ditampilkan ke dalam website atau blog.
  • Area teks - Area teks (text area)  adalah kotak yang dapat ditulisi dengan teks oleh pengguna yang menampilkan website atau blog, tetapi pengguna tersebut tidak dapat mengirimkan teks yang ditulis tersebut, atau dengan kata lain pengguna hanya mengganti teks pada browsernya saja tetapi tidak mengganti database website. Anda dapat membuat form area teks dengan mudah  menggunakan Formoid.
  • Select - Select merupakan pilihan yang harus dipilih salah satu dengan tampilan memanjang ke bawah jika select tersebut diklik. Misalnya Anda harus memilih jenis kelamin laki-laki atau wanita, maka pilihan tersebut harus dipilih salah satu. Anda dapat membuat form select dengan mudah menggunakan Formoid.
  • Kotak cek - Kotak cek / checkbox adalah pilihan yang dapat dipilih satu / lebih dari satu / tidak dipilih sama sekali. Misalnya artikel blog Anda adalah kategori: komputer / internet / software / freeware/ open source / audio / video. Anda dapat memilihnya salah satu / semua / tidak memilih sama sekali. Anda dapat membuat kotak cek dengan mudah menggunakan Formoid.
  • Tombol radio - Tombol radio adalah tombol dengan bentuk seperti kotak cek dan berfungsi seperti select. Ini merupakan kotak cek untuk memilih salah satu pilihan. Apabila Anda memlilih pilihan lain pada tombol radio, maka ceklis pilihan sebelumnya akan hilang atau dengan kata lain pilihannya berpindah ke piliha baru. Anda dapat membuat tombol radio dengan mudah menggunakan Formoid.
  • Kirim file - Fungsi kirim file adalah penting dalam suatu web. Anda dapat mengirim file berupa gambar atau file lain ke dalam folder web dengan fungsi ini. Anda akan dapat membuatnya dengan mudah menggunakan Formoid.
  • Password - Password merupakan kata kunci rahasia untuk masing-masing pengguna. Biasanya password dienkripsi ke hash md5 untuk melindungi keamanan privasi pengguna. Hash md5 tidak dapat di dekripsi / enkripsi balik ke teks sebelumnya. Atau bila dapat, software pen-dekripsi telah mempunyai data dekripsi dan bukan menggunakan fungsi dekripsi khusus. md5 ini dapat mengamankan password pengguna. Anda dapat membuat ini dengan Formoid.
  • Email - Anda dapat membuat form email dengan Formoid. Email ini adalah surat elektronik yang dapat dikirimkan melalui internet. Bila Anda cukup sulit untuk membuatnya di website, maka dengan Formoid, Anda akan membuatnya dengan mudah.
  • Captcha - Captcha berguna untuk menghindari pemasukan data spam / data secara bertubi-tubi. Data spam dapat dikirimkan oleh mesin ataupun manusia. Captcha akan menerima data setelah Anda dapat mencocokkan teks atau suara. Sehingga akan menghindari data spam. Anda dapat membuat ini dengan mudah menggunakan Formoid.

Cara menggunakan Formoid:
  1. Jalankan Formoid
  2. Drag&drop elemen ke formulir Anda
  3. Sesuaikan penampilan formulir Anda: merubah judul, huruf, warna, panjang formulir, latar belakang, mengatur pesan konfirmasi, link redirrect, dan lain-lain.
  4. Sesuaikan elemen formulir Anda: merubah teks, memindai bidang apapun yang diperlukan, mengubah jumlah kolom untuk tombol radio atau kotak cek, dan lain-lain.
  5. Gunakan tombol "Preview and test" untuk melihat formulir online Anda.
  6. Klik tombol "Save HTML"untuk menyimpan formulir Anda pada drive lokal.
  7. Buka file "index.html" yang dihasilkan ke dalam program teks editor seperti notepad, nonepad++, dll. Atau anda dapat membukanya ke program web browser dan melihat source code nya (untuk firefox klik menu firefox di kiri atas -> Web Developer -> Page Source).
  8. Salin kode dari Formoid yang terletak diantara komentar dan .
  9. Kemudian sisipkan ke dalam source code HTML website Anda

File size: 8.99MB
Requirements: Windows XP / Windows Vista / Windows 7
License: Freeware
Homepage: formoid.com

Comments

Post a Comment