GPS Track Editor 1.07 Beta

GPS Track Editor, Map

GPS Track Editor adalah sebuah aplikasi Windows untuk mengedit track GPS. Trak GPS adalah urutan dari titik dengan lintang, bujur, tanggal, dan waktu dan mungkin beberapa parameter lainnya.

Sayangnya, koordinat yang diperoleh penerima dapat tidak tepat. Kesalahan GPS dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor alasan yang tidak dapat dihilangkan. Misalnya penerima dapat menunjukkan beberapa gerakan selagi berdiam diri.

GPS Track Editor dapat membantu Anda untuk membersihkan trek Anda. Beberapa penyimpanan diproses secara otomatis tetapi Anda selalu dapat mengontrol hasil dan mengedit bagian dari trek secara manual.

Fitur-fitur:
  • Membuka dan menyimpan trek (mendukung GPX, NMEA, Magellan SD)
  • Tampilkan lintasan gerakan Anda
  • Melacak filter titik dengan pembatasan parameter
  • Menyesuaikan struktur lagu
  • Mengubah nama segmen
  • Menghapus, memasukkan, menggerakkan titik secara manual
  • Bekerja dengan fragmen trek atau satu set trek
  • Menggabungkan beberapa trek menjadi satu

Dasar GPS Track Editor
Trek GPS adalah urutan titik dengan titik garis lintang, titik garis bujur, tanggal, waktu, dan mungkin beberapa karakter lainnya. Hal-hal tersebut dapat tidak tepat karena beberapa faktor dan itulah sebabnya trek dapat terlihat aneh dan jelek. GPS Track Editor menawarkan cara untuk melihat trek dengan jauh lebih baik. GPS Track Editor adalah alat untuk melihat, mengedit, dan membersihkan trek GPS Anda.

Dasar GPS Track Editor: Bagian Trek
Format file trek yang paling populer adalah GPX (GPS eXchange Format) berbasis pada XML. Biasanya berisi trek yang terpisah dibagi menjadi beberapa segmen. Struktur yang sama digunakan dalam GPS Track Editor sejak GPX adalah format aslinya. Untuk menghindari kerancuan, terminologi berikut digunakan dalam aplikasi:
  • Track edge adalah garis antara dua titik trek yang berdekatan.
  • Track segment merupakan rentang data terus menerus trek. Segmen biasanya rusak ketika penerimaan GPS hilang, atau penerimaan GPS dimatikan.
  • Track folder menggabungkan beberapa track segment sekuensial secara logis terhubung satu sama lain. Misalnya folder dapat sesuai dengan perjalanan atau perjalanan satu hari.
  • Track file terdiri dari track folder dan disamakan dengan file.
  • Track dapat mewakili dari unsur-unsur. Ini menunjuk segmen, folder, atau file.

Dasar GPS Track Editor: Tata letak
Panel utama aplikasi terdiri dari:
  • Panel trek menampilkan trek yang sedang dibuka sebagai struktur pohon. Setiap file trek dapat terdiri dari segmen yang digabungkan dalam folder. Trek aktif sesuai dengan elemen yang dipilih dalam daftar.
  • Panel properti trek menmpilkan sifat-sifat trek aktif.
  • Panel titik menampilkan koordinat, waktu, dan atribut lainnya dari trek. Saat ini, titik trek sesuai dengan garis yang dipilih dalam daftar.
  • Properti titik menampilkan sifat-sifat titik trek.
  • Panel tampilan utama menampilkan semua trek sebagai jalur. Trek yang dipilih akan ditampilkan berbeda (sebagai panah dengan garis yang lebih luas). Titik saat ini ditandai dengan lingkaran putih.

Dasar GPS Track Editor: Filter titik
Bila Anda menghapus titik trek (baik secara manual atau dengan menerapkan beberapa filter), titik tersebut masih tersimpan di trek tetapi ditandai dengan filter. Jika View | Filtered points adalah hidup, titik berwarna abu-abu dalam daftar titik dan tepi berdekatan ditampilkan sebagai garis dash-dot hitam.

Jika titik yang disaring / difilter tempak menjadi lebih baik, itu dapat dipulihkan kembali. Jika Anda yakin bahwa semua titik disaring tidak valid, Anda benar-benar dapat menghapus semua titik tersebut dengan memilih Filter | Delete filtered points.

Dasar GPS Track Editor: Mode tampilan trek
Trek ditampilkan sebagai garis solid di tampilan utama. Setiap segmen trek memiliki warna tersendiri. Trek yang dipilih dalam daftar trek ditampilkan secara berbeda sesuai dengan pilihan yang dipilih.

Arah trek
Ujung trek dapat ditampilkan sebagai panah untuk memahami arah trek. Pilihan ini dapat diaktifkan di View | Arrows di kotak menu atau dengan mengklik ikon panah pada toolbar.

Nilai representasi
Anda dapat memilih mode untuk mewarnai trek untuk mewakili sifat lokal (menggunakan View | Color by di menu). Macam-macam mode warna trek:
  • Warna oleh segmen - Setiap segmen trek memiliki warna tersendiri. Untuk mengubah warna segmen, klik kotak warna di daftar trek dan pilih new one dari palet.
  • Warna oleh kecepatan rata-rata - Menggunakan kecepatan rata-rata terlihat lebih alami. Hal ini membantu untuk memahami perilaku umum trek.
  • Warna oleh kecepatan maksimum - Kecepatan maksimum dapat digunakan untuk mendeteksi singularitas atau titik trek ekstrim. Mode ini dapat membantu untuk membersihkan trek naik.
  • Warna oleh elevasi - Warna tergantung kepada ketinggian rata-rata tepi jalur.

Dasar GPS Track Editor: Restrukturisasi Trek GPS
Trek yang terbentuk secara baik lebih mudah untuk dinavigasi dan dikerjakan. Hal ini dapat terlihat lebih baik karena panjang ujung dengan tidak adanya perbaikan GPS menjadi putus antara segmen yang tidak ada tarikan.

Anda dapat mengatur ulang folder trek dan segmen oleh mengklik Track | Restructure. Algoritma berjalan sepanjang trek dan memulai segmen baru jika interval waktu antara titik trek melebihi ambang batas yang dipilih. Struktur ini sering sesuai dengan pebagian logis dari sebuah trek.

Dasar GPS Track Editor: Penggabungan Trek GPS
Ada dua kasus umum ketika menggunakan fungsi Track | Merge.
  1. Jika Anda memiliki beberapa trek GPS dicatat oleh penerima GPS yang sama, Anda dapat bergabung dengan trek GPS tersebut ke jalur tunggal. Trek dapat tumpang tindih atau bersamaan. 
  2. Jika jalan yang sama tercatat oleh beberapa penerima GPS yang berbeda, Anda dapat menggabungkan penerimaan GPS tersebut. Biasanya trek yang bersatu terlihat lebih baik dan lebih halus daripada yang individu.

Dasar GPS Track Editor: Penghapusan kerusakan trek
Teknologi GPS tidak presisi. Trek GPS sering mengandung lompatan, tersebar, jittler, dan penyimpangan lainnya. GPS Track Editor menyediakan beberapa metode untuk menghilangkan penyimpangan tersebut.

Menyaring inkonsistensi lokal
Algoritma penyaringan lokal memperkirakan konsistensi antara titik jalur yang berdekatan dan menghilangkan yang paling tidak harmonis. Ini hanya mempengaruhi secara lokal, dan karenanya tidak bisa menghilangkan beberapa jenis kerusakan. Dalam kasus lain, ini terlalu ketat dan dapat menghapus titik normal. Hal ini dianjurkan untuk memeriksa titik yang dihapus filtrasi memberi perhatian untuk perubahan U. Untuk mengembalikan titik trek yang dihapus, klik kanan di atasnya dan pilih Restore.

Untuk menerapkan saringan ini ke ke trek yang dipilih, pilihlah Filter | Local inconsistencies.

Menyaring berdasarkan nilai
Algoritma nilai filtrasi menghapus titik trek jika beberapa nilai (kecepatan atau percepatan) melebihi ambang batas. Misalnya untuk pejalan kaki melacak titik dengan kecepatan lebih besar dari 6 mph (10 km/h) dapat dihapus.

Dasar GPS Track Editor:Editing manual trek GPS
Anda dapat menghapus bagian dari trek (segmen atau folder) dengan menekan tombol Delete dalam daftar trek. Tindakan ini tidak bisa dibatalkan.

Untuk menghapus titik trek tunggal, klik kanan pada trek dan pilih Remove.

File size: 7.5MB
Requirements: Windows XP / Windows Vista / Windows 7 / Windows 8
License: Freeware
Homepage: www.gpstrackeditor.com

Comments