Zim 0.60

Zim, Text Editor and Tool

Zim adalah editor teks grafis yang dapat digunakan untuk memelihara koleksi halaman wiki. Zim bertujuan untuk membawa konsep wiki ke desktop Anda. Setiap halaman dapat berisi link ke halaman lain, dengan format sederhana dan gambar. Halaman disimpan dalam sebuah struktur folder, seperti di outliner, dan dapat memiliki lampiran. Membuat halaman baru semudah menghubungkan ke halaman yang tidak ada. Semua halaman disimpan ke dalam file teks biasa dengan format wiki. Berbagai plugin disediakan untuk fungsionalitas tambahan, seperti daftar task manager, editor persamaan, ikon tray, dan dukungan untuk mengontrol versi. Aplikasi dapat digunakan untuk mencatat daftar pekerjaan atau menjadi sebuah buku pribadi. Tetapi juga akan melayani Anda ketika menulis lagi dan membuat dokumen yang lebih rumit. 

Zim dapat digunakan untuk:
  • Menyimpan arsip catatan
  • Mencatat saat rapat atau kuliah
  • Mengatur daftar tugas
  • Daftar entri blog dan email
  • Melakukan curah pendapat

Zim menangani beberapa jenis markup, seperti judul, daftar peluru, dan tentu saja teks tebal, miring, dan disorot. Markup ini disimpan sebagai teks wiki sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit dengan editor lain. Karena fitur autosave Anda dapat beralih diantara halaman dan mengikuti link ketika mengedit tanpa khawatir.


"Desktop wiki" berarti kita mencoba untuk menangkap ide wiki, bukan sebagai halaman web, tetapi sebagai kumpulan file pada sistem lokal yang dapat diedit dengan aplikasi GUI. Fokus utama adalah membuat semacam wiki pribadi yang berfungsi untuk membuat semua jenis catatan, seperti daftar pekerjaan, alamat, ide-ide, dan lain-lain.

Tetapi Anda dapat mengisi Zim dengan konten acak. Software ini juga memungkinkan untuk menggunakan catatan acak sebagai dasar untuk data lebih terstruktur, seperti artikel, presentasi, dan lain-lain. Zim tidak akan menyertakan alat tata letak untuk presentasi, atau alat seperti itu. Anda harus menggunakan office suite Anda untuk pilihan seperti itu, tetapi software ini dapat memberikan alat untuk semua konten presentasi.

Fitur-fitur:

Konten disimpan secara transparan
Semua dokumen yang Anda buat di Zim akan disimpan dalam file teks biasa dengan format wiki. Ini berarti bahwa Anda dapat mengakses konten Anda dengan editor lain atau pengelola file tanpa tergantung pada Zim. Anda bahkan dapat memiliki halaman Anda dalam sistem kontrol revisi seperti CVS atau menggunakan makefile untuk menyusun catatan Anda ke dalam sebuah halaman web.

Setiap gambar yang Anda tambahkan hanya file gambar yang terhubung dari file teks. Ini berarti bahwa Zim dapat memanggil program standar Anda untuk mengedit gambar. Ketika Anda menanamkan gambar ke dalam halaman menu konteks untuk gambar, akan menawarkan utnuk membuakanya dengan program manipulais gambar apapun yang telah Anda instal. Setelah mengedit, Anda hanya perlu reload halaman untuk melihat hasilnya.

Editor mencoba mencari cara keluar Anda
Sebuah wiki yang baik adalah wiki yang tidak mengganggu Anda dengan konten. Editor mencoba tidak mengganggu Anda dengan tugas-tugas yang mengalihkan perhatian dari konten. Ini berarti misalnya bahwa file akan disimpan secara otomatis, tetapi juga bahwa file dan direktori yang dibuat dihapus dengan cepat saat Anda menambahkan atau menghapus konten dalam halaman wiki. Ketika bekerja dengan konten, Anda tidak perlu repot dengan hal-hal seperti struktur direktori.

Fitur terkait meliputi:
  • Anda dapat menggunakan sintaks wiki untuk mengetik format
  • Jika Anda memulai ulang Zim, itu akan terbuka di tempat sama saat Anda menutupnya
  • Wiki dapat dinavigasikan sepenuhnya menggunakan kunci binding

Editor memungkinkan Anda untuk mengatur catatan Anda
Kemampuan untuk halaman hyperlink adalah cara yang ampuh untuk mengatur konten. Hal ini berjalan lebih jauh dari hyperlink dalam halaman web biasa. Salah satu contoh dari hal ini adalah bahwa Zim melacak semua link untuk setiap halaman yang menunjukkan link ke halaman itu, membuat link dua arah. Anda juga dapat membuat link halaman web atau file eksternal, ketika di klik akan membuka Zim ini dengan aplikasi yang sesuai.

Sejak Zim memiliki tata letak GUI yang menyerupai aplikasi pengambilan catatan, Anda dapat mengatur halaman wiki Anda secara hirarki, sehingga misalnya untuk halaman kelompok berdasarkan topik. Tetapi karena Anda memiliki backtracking wiki style link, Anda juga dapat memiliki sistem kategori dengan menggunakan link balik sehingga halaman dapat me-link ke beberapa kategori.

File size: 21.30MB
Requirements: Windows 2000 / Windows XP / Windows 2003 / Windows Vista / Windows 7
License: Open Source
Homepage: zim-wiki.org/index.html

Comments