Wednesday, June 19, 2013

Cara Menyimpan History Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView

Riwayat web browser adalah suatu daftar halaman web yang telah dikunjungi oleh pengguna. Riwayat web berisi tentang judul halaman web, url web, dan waktu kunjungan ke web tersebut. Perangkat web browser menyediakan hal ini dalam rangka menyediakan kepada pengguna untuk kembali dengan cepat kepada url web yang telah dikunjungi pengguna, dan juga untuk mengingatkan kepada pengguna pada halaman web yang telah mereka kunjungi.

Semua web browser utama seperti Firefox, Chrome, Internet Explorer, Safari, dan Opera telah dilengkapi dengan riwayat web browser. Dengan riwayat web browser ini, Anda dapat mengingat halaman-halaman web yang telah Anda kunjungi dalam beberapa hari / minggu / bulan / tahun yang lalu.

Anda dapat menyimpan riwayat web browser ini dengan cara yang sederhana, yaitu dengan meng-copy halaman riwayat web browser setelah itu mem-paste nya di notepad Windows. Anda akan mendapatkan file *.txt dari riwayat web browser Anda. Selain dengan cara ini, Anda juga dapat menggunakan software BrowsingHistoryView (informasi BrowsingHistoryView) untuk menyimpan riwayat web browser. Software ini adalah buatan NirSoft yang dapat menampilkan riwayat web browser Mozilla Firefox, Google Chrome, Chrome Canary, Internet Explorer, Internet Explorer 10, Safari, dan Seamonkey. Dan dengan software ini, Anda juga dapat menyimpan riwayat web browser tersebut ke dalam format file *.txt, *.csv, *.html, atau *.xml.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyimpan atau save riwayat / history / sejarah web browser Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan Safari:
  1. Download BrowsingHistoryView (informasi BrowsingHistoryView).
  2. Ekstrak file kompresi browsinghistoryview.zip dengan software seperti WinZip / WinRAR.
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-1
    Hasil ektrak file browsinghistoryview.zip

  3. Jalankan file executable BrowsingHistoryView dengan cara klik dua kali BrowsingHistoryView.exe.
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-2
    BrowsingHistoryView.exe pada jendela Windows Explorer

  4. Setelah itu, akan muncul jendela "BrowsingHistoryView" dan jendela "Advanced Options". Pada jendela "Advanced Options", aturlah:
    • Filter by visit date/time: Atur tanggal dan waktu dari riwayat web browser yang Anda inginkan.
    • Web browsers (web browser): Pilih web browser yang ingin Anda tampilkan riwayatnya.
    • Load history from (memuat riwayat dari): Pilih pengguna atau folder untuk dipindai riwayat web browsernya:
      • Load history from the current running system (All users): Untuk menampilkan riwayat web browser semua profil pengguna pada komputer.
      • Load history from the current running system (Only current user): Untuk menampilkan riwayat hanya pada pengguna yang login.
      • Load history from the specified profiles folder: Untuk menampilkan riwayat web browser pada pengguna di folder tertentu seperti C:\Documents and Settings (pada Windows XP) atau C:\Users (pada Windows 7 / 2008 / Vista /8).
      • Load history from the specified profile: Untuk menampilkan riwayat web browser pada profil pengguna tertentu seperti H:\Documents and Settings (pada Windows XP) atau H:\Users (pada Windows 7 / 2008 / Vista /8).
    Jika sudah selesai mengatur riwayat web browser yang ingin ditampilkan, maka klik "OK".
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-3
    Jendela Advanced Options BrowsingHistoryView

  5. BrowsingHistoryView akan menampilkan riwayat web browser yang telah Anda atur dengan penampilan tabel yang meliputi url, title, visit time, visit from, visit count, web browser, dan user profile.
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-4
    Jendela BrowsingHistoryView

  6. Pilih dan sorot beberapa riwayat dengan menekan tombol "Ctrl" + "mengklik pada riwayat" atau semua riwayat dengan menekan tombol "Ctrl" + "A".
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-5
    Penyorotan riwayat pada jendela BrowsingHistoryView

  7. Lalu klik "File" => "Save Selected Items". Masukkan nama file dan pilih format filenya. Anda dapat memilih format file Text File (*.txt), Tab Delimited Text File (*.txt), Tabular Text File (*.txt), Comma Delimited Text File (*.csv), HTML File - Horizontal (*.htm, *.html), HTML File - Vertical (*.htm, *.html), atau XML File (*.xml).
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-6
    Jendela pilihan nama untuk menyimpan file

  8. File akan tersimpan sesuai dengan yang Anda atur. Di bawah ini adalah contoh gambar file name.txt yang berisi riwayat web browser.
    Cara Menyimpan Riwayat Web Browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Dan Safari Dengan BrowsingHistoryView-7
    Jendela Notepad Windows yang menampilkan file riwayat web browser

No comments:

Post a Comment